REALISASI ABPD KABUPATEN MALUKU TENGGARA BARAT DIMULAI DENGAN PEMBAYARAN GAJI ASN AKHIR JANUARI 2018


SEKRETARIS DAERAH MALUKU TENGGARA BARAT “tunjangan kinerja itu berlaku bagi pejabat struktural yang diterima setiap bulannya sedangkan untuk staf nanti akan dibayarkan sekali pada setiap akhir tahun, disatu sisi pejabat struktural tidak menerima uang makan"
Saumlaki, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah(APBD) Kabupaten Maluku Tenggara Barat baru akan diawali pelaksanaannya dengan realisasi pembayaran gaji untuk Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Daerah Maluku Tenggara Barat diakhir Januari 2018.


Sekretaris Daerah Maluku Tenggara Barat ketika ditemui diruang kerjanya (23/01) mengatakan, pelaksanaan APBD 2018 baru dilaksanakan pada minggu ke 3 bulan januari 2018 yang diawali dengan pembayaran Gaji ASN.


Sekretaris Daerah mengaku, pembayaran gaji ASN tersebut mengalami keterlambatan karena usulan- usulan PPK dan bendahara di setiap SKPD baru disampaikan kepada Bupati melalui Sekretaris daerah untuk ditetapkan melalui Keputusan Bupati. “ Iya jadi untuk pelaksanaan APBD 2018 mulai minggu ini kita sudah mempersiapkan semua hal yang terkait dengan pelaksanaan APBD 2018 itu sendiri, kemarin kita sudah membagikan penjabaran ABPD kepada SKPD, dan diharapkan masing-masing SKPD mempedomani penjabaran ABPD itu untuk memproses semua hal yang terkait dengan pelaksanaan Program dan kegiatan 2018, untuk pelaksanaan APBD 2018 secara efektif tentu dimulai dengan pembayaran gaji bulan januari yang direncanakan beberapa hari ini sudah terbayar. mudah-mudahan besok dan lusa itu bendahara menyiapkan administrasi yang terkait dengan permintaan gaji untuk selanjutnya dibayarkan ” tandas Sekretaris Daerah.


Selanjutnya Sekretaris Daerah mengatakan, seperti biasanya dalam rangka pelaksanaan Progam dan kegiatan di awal tahun dimulai dengan penetapan besaran uang persediaan selanjutnya dialokasikan ke masing-masing SKPD sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah pemanfaatan uang persediaan(UP) tersebut seterusnya secara normal permintaan itu dilakukan melalui mekanisme tambahan uang (TU) dan ganti uang ( GU ).


Selain Realisasi ABPD 2018 yang mulai dengan pembayaran gaji untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretaris daerah juga menyampaikan tunjangan kinerja bagi pejabat struktural yang akan diterima pada bulan januari, sedangkan untuk staf akan menerima uang makan yang diterima pada akhir tahun. “tunjangan kinerja itu berlaku bagi pejabat struktural yang diterima setiap bulannya sedangkan untuk staf nanti akan dibayarkan sekali pada setiap akhir tahun, disatu sisi pejabat struktural tidak menerima uang makan” ungkap Sekretaris Daerah.


Selain itu menjawab pertanyaan tentang gaji pegawai Kontrak di lingkup Pemda Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang dinformasikan akan dibayarkan melalui Bank, Sekretaris Daerah mengaku, gaji pegawai kontrak akan dibayarkan melalui 3 Bank yakni, BRI, BPD dan BNI yang ada di Kota Saumlaki seperti halnya dengan ASN yang sudah menerima gajinya melalui 3 Bank tersebut.

Share post ini: