Seleksi Mahasiswa Baru Pem-Akamigas Tahun 2019 Diikuti 93 Peserta


Ketua Tim Seleksi - Roni Heru Triyanto : “Seleksi ini sebagai tindak lanjut kerjasama antara pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kementerian ESDM Republik Indonesia dan Pem-Akamigas Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah yang bertujuan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang handal dan professional di bidang Energi Sumber Daya Mineral.”

Saumlaki, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) bekerjasama dengan Politeknik Energi dan Mineral (Pem) Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Cepu menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru Tahun Akademik 2019/2020. Seleksi tersebut diikuti oleh 93 peserta siswa/siswi lulusan SMA/SMK jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknik Tenaga Listrik (TTL).

Seleksi tersebut bermaksud untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para lulusan SMA/SMK Jurusan IPA dan kelistrikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk dapat memanfaatkan peluang meningkatkan pendidikan formal ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi khususnya pendidikan Energi dan Mineral yang masih tergolong pendidikan langka dan masih terbatas pada orang-orang tertentu yang menguasainya.

“Seleksi ini sebagai tindak lanjut kerjasama antara pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kementerian ESDM Republik Indonesia dan Pem-Akamigas Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah yang bertujuan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang handal dan professional di bidang Energi  Sumber Daya Mineral.” Kata Ketua Tim Seleksi Roni Heru Triyanto pada acara pembukaan seleksi mahasiswa baru Pem-Akamigas di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Selasa (14/5/2019).

Kegiatan seleksi mahasiswa baru tersebut diharapkan dilaksanakan secara jujur, adil dan terbuka bagi seluruh peserta seleksi sehingga dapat menjaring calon mahasiswa yang memenuhi kriteria dan kewajiban serta ketentuan lain yang dipersyaratkan. Hasil seleksi ini juga dapat diharapkan dapat menyiapkan putra-puri lulusan terbaik pendidikan Politeknik Energi dan Mineral untuk memenuhi tuntutan kebutuhan dunia kerja di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal, 14-15 Mei 2019 tersebut diseleksi langsung oleh Tim Seleksi dari Pem-Akamigas yang berjumlah 5 orang dan dari pemerintah daerah dalam hal ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia berjumlah 15 orang.

Pada kesempatan yang sama, ketika ditanya tentang evaluasi terhadap mahasiswa asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Roni Heri Triyono mengatakan, “bagus peserta-peserta dari Tanimbar. Bagus-bagus tapi harus lebih dipersiapkan lagi misalkan dalam materi Matematika dan Fisika.” Kata Roni.

Roni juga mengarapkan perhatian serius dari pemerintah daerah dalam mempersiapkan peserta yang akan mengikuti seleksi Pem-Akamigas terutama pada beberapa mata pelajaran yang menjadi fokus panitia seleksi.

“Ya, itu tadi, harap dipersiapkan lagi untuk kesiapan anak-anak yang mau disekolahkan di sana, harus disiapkan dari segi materi Matematika, Fisika, karena memang masih agak kurang untuk peserta dari Tanimbar sini.” Pungkasnya.


Share post ini: