Tenun Ikat merupakan Kekuatan Ekonomi


Assisten Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kemasyarakatan - dr. Edwin Tomasoa ”kita tahu bahwa Tenun ini salah satu unggulan karena Tenun dari Kepulauan Tanimbar adalah sudah cukup terkenal di Maluku maupun secara nasional bahkan secara internasional.”

Amdasa, Visi dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar adalah terbentuknya masyarakat Tanimbar yang Cerdas, Sehat Mandiri dan Berwibawa “ kemandirian itu memang memerlukan beberapa hal dan salah satunya adalah kekuatan ekonomi.”

”kita tahu bahwa Tenun ini salah satu unggulan karena Tenun dari Kepulauan Tanimbar adalah sudah cukup terkenal di Maluku maupun secara nasional bahkan secara internasional,” kata Edwin Tomasoa mewakili Bupati Petrus Fatlolon menyampaikan sambutan pada acara Inagurasi yang digelar pihak kantor perwakilan Bank Maluku di Amdasa (19/3/2019)

Dikatakan, Salah satu cara untuk meningkatkan kerajinan Tenun di Kabupaten Kepulauan Tanimbar adalah melakukan regenerasi, bahkan memperkenalkannya  sampai pada anak tingkat Sekolah Dasar.

”Kenapa kami bilang begitu karena dikesempatan lomba berikutnya pak Bupati kepingin bahwa sudah harus dilombakan ditingkat SD, anak SD sudah mulai ikut untuk lomba tenun. Itu tujuannya adalah semata-mata kita melakukan regenerasi terhadap kemampuan atau keterampilan atau skill menenun yang kita tidak perhatikan denga baik. Percaya bahwa suatu saat itu juga akan hilang dari masyarakat, ” lanjutnya.

Dia berharap regenerasi tenun  bisa mulai dari sejumlah  Sekolah Dasar yang ada di desa Amdasa, atau Sekolah Dasar  yang ada di desa –desa sekitarnya sehingga Tenun tersebut dapat  terus dikembangkan.

”Bagaimana kemampuan untuk mewarnai, kemampuan untuk ikat bunga, kemampuan untuk memilih warna alam, kemudian untuk menenun dan sebagainya,” ujarnya

Edwin Tomsoa yang mewakili Bupati Petrus Fatlolon menyampaikan terimakasih kepada pihak bank Indonesia dan pihak Manajemen INPEX-Masella yang sudah membantu Pemerintah Daerah untuk turut bersama-sama mengembangkan salah satu produk unggulan Tenun ikat dari Program Pengembangan Usaha Kecil Mikro dan Menengah yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

© Diskominfo 2019


Share post ini: