Theo Malisngorar Apresiasi Bantuan Bedah Rumah


Kepala Desa Namtabung, Theo Malisngorar : “Secara pribadi maupun sebagai Kepala Desa mewakili masyarakat Desa Namtabung sangat apresiasi terhadap kegiatan pemerintah daerah yang ternyata sangat peduli dengan kepentingan masyarakat terutama kegiatan bedah rumah karena ini adalah bagian dari upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat”

Saumlaki, Proses bedah rumah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar mendapat apresiasi dan dukungan dari Kepala Desa Namtabung, salah satu dari empat kepala desa di Kecamatan Selaru yang berhak menerima bantuan bedah rumah sebanyak 30 unit.

“Secara pribadi maupun sebagai Kepala Desa mewakili masyarakat Desa Namtabung sangat apresiasi terhadap kegiatan pemerintah daerah yang ternyata sangat peduli dengan kepentingan masyarakat terutama kegiatan bedah rumah karena ini adalah bagian dari upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Sebut Kepala Desa Namtabung, Theo Malisngorar, di Desa Namtabung, Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (8/3/2019).

Menurut Theo Malisngorar, kebanyakan rumah-rumah yang ada di Namtabung, sudah ada sejak tahun 1960 setelah terjadi bencana alam. Masyarakat secara gotong-royong membangun rumah-rumah dan sampai sekarang masih terlihat kokoh tetapi ada juga yang sudah tidak bertahan.

“Itulah yang sedang kita bedah karena material yang digunakan pada saat itu hanya kapur laut atau karang laut yang dibakar menjadi kapur dan kemudian dicampur dengan pasir, sampai sekarang masih terlihat. Ada juga yang masih ada tetapi telah mengalami perubahan dengan menggunakan semen. Sekarang yang sedang dibedah ini adalah bagian dari peninggalan pekerjaan orang tua-tua kita dulu.” Jelas Malisngorar, kepala desa yang baru dilantik bulan Januari 2019 lalu.

Memperhatikan proses bedah rumah yang dianggarkan melalui kegiatan bantuan stimulan perumahan swadaya masyarakat melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK) 2019 tersebut, Malisngorar memberikan saran kepada pemerintah daerah agar berjalan secara berkala dan tidak hanya pada tahun 2019 saja.

“Saran saya bukan hanya kali ini saja tetapi untuk waktu-waktu yang akan datang karena terlihat setelah kegiatan ini akan memicu peningkatan kesejahteraan lewat pembangunan rumah karena salah satu varibel untuk mengukur tingkat kemiskinan adalah laik tidaknya sebuah rumah.” Sebutnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pemerintah daerah telah menyalurkan bantuan bedah rumah kepada 5 desa pada puncak kegiatan Rapat Kerja Pemerintahan Desa di Desa Kandar Kecamaran Selaru. Bantuan stimulan perumahan swadaya masyarakat diberikan kepada Desa Adaut berupa pembangunan 25 unit rumah baru dan peningkatan kualitas 35 unit. Desa Kandar, peningkatan kualitas 37 unit. Desa Namtabung, peningkatan kualitas 30 unit. Desa Lingat, peningkatan kualitas 37 unit dan Desa Watidal, peningkatan kualitas 35 unit.

© Diskominfo 2019


Share post ini: