TIGA REKOMENDASI PERSETUJUAN DUKUNGAN DPRD DISERAHKAN KEPADA SEKRETARIS DAERAH PEMDA MALUKU TENGGARA BARAT


Tiga Rekomendasi tersebut antara lain (1) Rekomendasi dan Berita Acara DPRD Kabupaten MTB terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2017; (2) Rekomendasi Dukungan dan Persetujuan Partisipasi Pemerintah Kabupaten Maluku Tengara Barat Pada World Apeldorn Belanda; (3) Rekomendasi Dukungan dan Persetujuan Pengukuhan Detasemen Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku di Kabupaten Maluku Tenggara Barat

Saumlaki, (Diskominfo), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Maluku Tenggara Barat (MTB), Frenki Limbers menyerahkan tiga Rekomendasi kepada Sekretaris Daerah Kab. MTB, Piterson Rangkoratat di Ruang Sidang II DPRD MTB, Jumat (18/5/2018).

Tiga Rekomendasi tersebut antara lain (1) Rekomendasi dan Berita Acara DPRD Kabupaten MTB terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2017; (2) Rekomendasi Dukungan dan Persetujuan Partisipasi Pemerintah Kabupaten Maluku Tengara Barat Pada World Apeldorn Belanda; (3) Rekomendasi Dukungan dan Persetujuan Pengukuhan Detasemen Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Sidang dipimpin Wakil Ketua DPRD MTB, Piet Kait Taborat dengan mengetuk palu sebagai tanda dibuka sidang secara resmi untuk umum, dihadiri ketua DPRD dan sejumlah pimpinan anggota DPRD dan sejumlah Pimpinan SKPD di lingkup Pemkab MTB.

Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat Piterson Rangkoratat usai menerima tiga Rekomendasi tersebut mengatakan, Pemerintah Daerah pada prinsipnya menyampaikan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD, selanjutnya pemerintah daerah akan melakukan tindaklanjut sesuai mekanisme/ketentuan yang berlaku.

“khusus untuk Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) sesuai dengan ketentuan, DPRD menyampaikan saran-saran perbaikan dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik dan karena itu pemerintah daerah akan segera melakukan langkah-langkah tindaklanjut untuk rekomendasi-rekomendasi yang disampaikan DPRD MTB. Saran-saran tersebut misalnya terkait dengan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan harus dilakukan patuh dan taat terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. Pelayanan publik yang cepat, tidak berbelit-belit dan rekomendasi-rekomendasi lain yang dianggap pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti,”  ujar Sekda.

Ketika ditanya apakah selama ini ditemukan tugas pelayanan pemerintahan yang berbelit ? sekda mengatakan, DPRD memiliki fungsi dan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pemerintahan. “salah satu fungsi DPRD adalah tugas pengawasan, sepanjang tahun anggaran berkenan. Jika pengawasan itu ada temuan-temuan yang diperoleh DPRD, kemudian disampaikan kepada pemerintah daerah dan pemerintah daerah melakukan evaluasi dan sekaligus perbaikan sesuai ketentuan mekanisme dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Selanjutnya kata sekda, dengan rekomendasi yang disampaikan DPRD, pada tahun-tahun yang akan datang, kualitas LKPJ jauh lebih baik dari tahun ini. Sementara terkait rekomendasi dukungan dan persetujuan pengukuhan Datasemen Pelopor Satuan Brimob Polda Maluku di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, sekda mengatakan, setelah pihaknya menerima pernyataan dukungan tentang rekomendasi untuk pembentukan Brimob yang direncanakan realisasinya tahun ini, dengan menggunakan lokasi dan fasilitas Bandara Lama, sedangkan Perum Damri yang selama ini berkantor di sana, diarahkan untuk melaksanakan operasionalnya di Pasar Omele, Saumlaki.

Terkait rekomendasi dukungan dan persetujuan partisipasi pemerintah kabupaten maluku tenggara barat pada World Apeldorn Belanda kata sekda, ini sebagai ajang promosi budaya dan kerajinan tradisional, seperti tenun ikat dan ukiran khas Tanimbar. Ciri khas adat dan budaya orang Tanimbar kemudian akan dipromosikan di Belanda melalui kegiatan Worldproef Apeldoorn Belanda.

©diskominfo-mtb


Share post ini: