TP PKK Promal Beri Bantuan Mesin Penepung Jagung


Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku - Widya Pratiwi Murad : “Semoga bantuan tersebut dapat menambah ilmu dan pengetahuan dalam mengelola pangan lokal khususnya jagung.”

Saumlaki, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Maluku mengimplementasi salah satu program kerjanya dengan melakukan penyerahan bantuan alat pengolahan pangan berbasis sumber daya lokal, berupa mesin penepung jagung yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad kepada dua kelompok Dasawisma, masing-masing di Kecamatan Kormomolin dan Kecamatan Fordata.

“Semoga bantuan tersebut dapat menambah ilmu dan pengetahuan dalam mengelola pangan lokal khususnya jagung.” Kata Widya Pratiwi Murad dalam acara Penyerahan Bantuan Alat Pengolahan Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal dan Tatap Muka Bersama TP PKK dan Organisasi Wanita Se-Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Gedung Kesenian Jl. Ir. Soekarno Saumlaki, Kamis (29/8/2019).

Tujuan pemberian bantuan tersebut dimaksudkan untuk membantu anggota Dasawisma dan keluarga untuk dapat memperoleh nilai tambah dari hasil usaha mereka, dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga dan masyarakat.

Menurut Widya, PKK adalah gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga sebagai gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, dengan perempuan sebagai motor penggeraknya menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju dan mandiri.

Gerakan PKK dengan sepuluh program prokoknya yang diimplementasikan dalam 4 Kelompok Kerja (Pokja), bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk mencapai kesejahteraannya.

“Tatap muka hari ini dapat menginspirasi seluruh perempuan di daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk menjadi garda terdepan keluarga dan perempuan, melalui koordinasi dan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah sebagai mitra kerja TP PKK.” Kata Widya.

Pada kesempatan tersebut, selaku Ketua TP PKK Provinsi Maluku dan juga sebagai Ketua Penasehat Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Promal, Widya Pratiwi menghimbau TP PKK dan seluruh organisasi wanita yang ada di Tanimbar, untuk bersama–sama menyingsingkan lengan baju dan terus berjuang demi kaum perempuan di Provinsi Maluku dan lebih khusus di bumi duan lolat.

Widya Pratiwi menambahkan, “Untuk mewujudkan semua yang telah saya sampaikan di atas maka profesionalisme dan upaya peningkatan kinerja terus menjadi tumpuan kita, sebagai perempuan maluku.” Ujarnya tegas.

Selain hal-hal mendasar yang disampaikan dalam pertemuan tersebut, Widya Pratiwi juga mengungkapkan tentang rencana kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Maluku, yang dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan fashion show di Perth Australia, dengan menampilkan rancangan busana berbahan tenun ikat Tanimbar.

“Nah, ini adalah kembangaan saya, kecintaan saya kepada seluruh kabupaten yang ada di Maluku, terlebih khusus Kepulauan Tanimbar, yang memang di sini banyak sekali penenunnya.” Pungkas wanita berdarah Sunda yang kini telah menjadi bagian terpenting dalam memperjuangkan emansipasi wanita di bumi seribu pulau.


Share post ini: