WAKIL BUPATI MTB : “TINGKAT KEMISKINAN AKAN TERUS DITEKAN MELALUI BERBAGAI PROGRAM KERJA SKPD”


Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat-AGUSTINUS UTUWALY saat memberi arahan kepada SKPD terkait guna menyatukan dan mensinergikan program serta kegiatan dalam rangka menekan angka kemiskinan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat

SAUMLAKI, Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat-AGUSTINUS UTUWALY mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Daerah sementara berupaya dengan berbagai cara untuk menekan angka kemiskinan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dengan cara mensinergikan berbagai program dan data pada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta menfokuskan pada program-program pemberdayaan, sehingga diharapkan masyarakat yang masih berada pada garis kemiskinan akan secara perlahan mengalami perubahan hidup. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Maluku Tenggara Barat-AGUSTINUS UTUWALY dalam rapat bersama SKPD terkait di ruang rapat Wakil Bupati beberapa waktu lalu.

Masyarakat yang masih berada pada garis kemiskinan kata Wakil Bupati, adalah mereka yang jumlah kepala keluarganya lebih dari satu, hidup dan tinggal bersama dalam satu rumah. Kondisi seperti itu perlu mendapat perhatian untuk dilakukan pemberdayaan, karena itu, dirinya meminta kepada SKPD terkait agar salah satunya melakukan pendampingan dalam perencanaan dana desa, sehingga dapat diperuntukan dan difokuskan pada masalah pemberdayaan masyarakat, sedang di sisi lain terus mengupayakan program dan kegiatan SKPD yang lebih menekankan pada pemberdayaan masyarakat. Selain itu data tentang jumlah masyarakat ekonomi lemah menjadi faktor pertama, baik tentang  jumlah lansia maupun data tentang jumlah siswa perlu didata secara benar sehingga bantuan dana  yang akan disalurkan benar-benar tepat sasaran.

Hingga kini, SKPD teknis seperti Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat sementara menyatukan dan mensinergikan program kerja serta data akurat tentang jumlah masyarakat ekonomi lemah di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, sehingga penyaluran bantuan pemerintah dapat tepat sampai di tangan masyarakat penerima yang berhak.

Rapat bersama yang berlangsung di ruang wakil Bupati itu juga dihadiri oleh para tenaga pendamping Program Keluarga Harapan dari Dinas Sosial Kabupaten Maluku Tenggara Barat. yang diharapkan untuk melakukan pendampingan terbaik terhadap semua proses yang berkaitan dengan masalah pemberdayaan di Kabupaten Maluku Tenggara Barat. 


Share post ini: