7 PERAHU LAYAR IKUT WELCOME CEREMONY DARWIN TO SAUMLAKI YACHT RACE 2018


Welcome Ceremony menyambut 7 dari 9 Peserta Darwin Saumlaki Yacht Race 2018 yang akhirnya tiba di pelabuhan Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat, sedangkan 2 peserta lainnya memutuskan untuk kembali ke Darwin dan tidak melanjutkan lomba karena kondisi cuaca dan lautan yang tidak bersahabat.

Saumlaki, Sebanyak 9 perahu Layar yang mengikuti lomba Darwin Lomba, 7 diantaranya yang berhasil finish di pelabuhan Saumlaki dan mengikuti acara Welcome Ceremony. Sedangkan 2 kapal Layar yakni (1). Chamsin dengan 4 crew. (2) Mai Tai dengan 4 crew  yang tidak dapat melanjutkan perjalanannya ke Saumlaki disebabkan karena tinggi gelombang dan angin kencang.   

Selain peserta pelayar juga sejumlah pejabat Pemerintah Daerah Australia yang rencananya tiba di Saumlaki tanggal 4 Juli 2018 melalui penerbangan dari Darwin Australia dibatalkan karena  pengurusan administrasi  ijin  penerbangan secara internal di Darwin tidak maksimal.

 ”kita memahami bahwa  pengalaman ini sekaligus menjadi bahan evaluasi berharga untuk Pemerintah Daerah dan peserta Sail Darwin tahun 2019 yang akan datang, satu bulan sebelum mereka punya jadwal ke Saumlaki, perijinan itu sudah harus final sehingga semua pengurusan administrasi yang bersifat internal di Darwin itu bisa terselesaikan dan mereka siap datang, ” ujar Sekda usai menyampaikan sambutan Bupati pada acara Welcome Ceremony di pantai wisata Kelyar Jaya Saumlaki (5/7/2018)

Para peserta Sail juga memberikan pertimbangan kepada Pemerintah Daerah Maluku Tenggara  Barat untuk waktu pelaksanaan Sail Darwin ini diundurkan setiap bulan September, karena kondisi laut saat itu tenang, sehingga mereka dapat mengunjungi dan menikmati destinasi bahari  itu secara maksimal,

”itu permintaan mereka dan saya sudah menyanggupi itu, bahwa kita sepakat untuk bulan September dan mereka mau coba September tahun ini kembali lagi dalam jumlah yang cukup besar, dengan harapan semua destinasi bahari kita itu dipersiapkan dengan baik, ” kata Sekda.

Pemerintah daerah pada prinsipnya tetap menyetujui permintaan peserta Sail Darwin tersebut untuk kembali lagi ke Saumlaki pada bulan September tahun ini sehingga berbagai Destinasi Bahari di setiap Kecamatan dapat dipromosikan ke dunia Luar.

”jadi tidak menutup kemungkinan bisa saja bergeser ke pulau - pulau kita yang ada  di kecamatan terluar yang memiliki objek wisata bahari baik dan menarik.  Kita  jadwalkan kemunginan selain Matakus Kecamatan Tanimbar Selatan, Pulau Selaru dan atau pulau Nukaha di Kecamatan Yaru, ” lanjut Sekda.

Acara Ceremony yang berlangsung puku 12 00 waktu setempat itu diawali dengan acara adat oleh tua-tua Adat asal Olilit Raya dan juga diwarnai dengan tarian-tarian Adat Tanimbar, dihadiri Kapoles Maluku Tenggara  Barat, Dandim 1507 Saumlaki, Dansat Radar Saumlaki serta sejumlah Pimpinan SKPD di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara  Barat.  (Diskominfo).


Share post ini: