Yohana Yembise Kunjungi Kepulauan Tanimbar


Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI - Yohana Yembise : “Saya titip kepada pak Bupati agar memberdayakan perempuan, melindungi anak-anak yang ada di Kepulauan Tanimbar.”

Saumlaki, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku, Selasa, 27 Agustus 2019. Salah satu agenda penting dalam rangkaian kunjungan tersebut adalah melaksanakan kegiatan Pencanangan Sekolah Ramah Anak, yang merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai Kabupaten Layak Anak.

Perempuan asli Papua yang dipercaya pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo dan Jusuf Kala untuk menduduki jabatan menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu tersebut diagendakan berada di kota Saumlaki selama kurang lebih 3 hari dengan berbagai kegiatan yang telah ditetapkan.

“Saya terkesan sekali karena betul-betul disambut pemerintah daerah termasuk masyarakat yang ada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan saya pastikan bahwa saya betul-betul akan menikmati kunjungan kerja saya di Kepulauan Tanimbar.” Kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Selasa (27/8/2019).

Yohan Yembise mengatakan, bahwa masyarakat Tanimbar bagi dirinya sudah seperti keluarga sendiri karena sama-sama berasal dari Indonesia Timur, untuk itu Yohana mengajak seluruh komponen masyarakat dan pemerintah daerah untuk sama-sama membangun Tanimbar terutama memgoptimalkan pemberdayaan peremuan dan anak.

“Saya titip kepada pak Bupati agar memberdayakan perempuan, melindungi anak-anak yang ada di Kepulauan Tanimbar.” Harap Yohana.

Selain itu Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon dalam kegiatan tatap muda dengan Menteri PPPA Yohana Yembise di Gedung Kesenian Saumlaki, menyatakan “Yohana Yembise adalah perempuan terhebat asal Indonesia Timur.” Tegas Fatlolon.

Fatlolon melanjutkan, terkait partisipasi perempuan dalam pemerintahan berdarakan data kepegawai pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ternyata jumlah pegawai perempuan lebih banyak dari laki.

“Jumlah pegawai di Tanimbar sebanyak 4000 pegawai, dari total tersebut ternyata kaum perempuan lebih banyak dari kaum lelaki. Jumlah perempuan sebanyak 2004 pegawai atau sebanyak 56%.” Tandas Fatlolon dalam acara Tatap Muka.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan jumlah dan prosentasi perempuan yang menduduki jabatan startegis dalam pemerintahan yang dipimpinnya, yang kini telah masuh tahun kedua.

“Para pejabat Eselon II berjumah 4 orang perempuan atau 11 %, Eselon III berjumlah 32 orang atau 21%, Eselon IV berjumlah 178 orang atau 42%.” Ungkapnya.

Tatap Muka yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, organisasi perempuan, organisasi pemuda dan pejabata struktural eselon II, III dan IV lingkup pemerintah Kabupaten Kepulauan Taimbar tersebut turut dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerkan PKK Provinsi Maluku, Ketua TP-PKK KKT dan rombongan dari Kementerian PPPA.


Share post ini: